4 Jenis Strategi Marketing Bisnis Ritel

1. Pelayanan/Service Prima

Memberikan keramahan dan kesigapan pramuniaga dalam melayani, akan membuat para pelanggan memberikan rasa respect yang tinggi. Ucapan "Selamat Datang" sebagai sambutan awal ketika konsumen datang , ditambah senyuman tulus dari bibir pelayan akan memberi kenyamanan bagi setiap konsumen yang datang. Berapa pun yang ia belanjakan, tetaplah konsisten memberikan pelayanan prima. Beri bantuan jika pelanggan mengalami kesulitan saat mencari sesuatu barang yang diinginkan.

Pelayanan prima adalah hal yang mudah diucapkan namun sulit, bahkan sering dianggap sepele dalam penerapannya. Ciptakan pegawai yang berkomitmen untuk memberikan pelayanan dan keramahan yang lebih baik lagi mengeluarkan aura semangat, antusias, dan energik saat membantu para pelanggan.

Senyuman kepada pelanggan akan memberi kenyamanan secara psikologis. Karena, hal tersebut akan menjadi suatu hal yang berkesan bagi para pengunjung. Mereka akan menjadi agen pemasaran ritel Anda secara faktual dan menceritakan pengalamannya saat berbelanja di toko ritel Anda.

2. Permudah Transaksi

Terkadang berbelanja di toko ritel akan menjadi hal yang menjengkelkan bagi konsumen yang tak betah berlama-lama mengantre. Maka Anda bisa menyediakan beberapa kasir sehingga sirkulasi pembayaran bisa dilakukan dengan cepat tanpa ada antrean.

Buatlah loket kasir khusus, pisahkan pelanggan yang membayar dengan uang tunai dan pengguna kartu kredit ataupun debit. Maka ritel harus menyediakan mesin Electronic Data Capture (EDC) di beberapa loket kasir, sehingga pelanggan yang tidak membawa uang tunai bisa masuk ke kasir khusus dan tidak menumpuk antrian di satu loket kasir.

3. Tentukan Lokasi

Berdirinya outlet ritel, baik besar maupun kecil harus mampu menarik menjadi magnet para pelanggan. Maka lokasi masih menjadi daya dukung ramai atau tidaknya ritel yang telah berdiri. Sediakan barang yang dibutuhkan para penghuni rumah.

4. Sediakan Aneka Barang

Konsumen tak selalu membeli barang yang sama setiap hari. Berbagai keperluan yang mendesak menjadi pendorong untuk datang dan berbelanja ke toko ritel. Meskipun demikian, sediakan berbagai jenis barang. Biasanya konsumen yang sudah selesai mendapatkan barang yang ia butuhkan akan menambah barang sekunder lainnya.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang LEU mart

Gabung di group whatsapp LEUMART

Struktur organisasi LEUMART